Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengembalikan kenyamanan suspensi pada mobil daihatsu hijet 1000 yang kerap terjadi

Mobil daihatsu hijet memang merupakan salahsatu kendaraan yang mungkin sudah lebih dari 20 tahun dari abad kejayaan nya sampai sekarang ini.


Di usia yang mungkin sudah tidak bisa dibilang muda tentunya banyak sekali hal-hal yang kerap terjadi terutama hilangnya kenyamanan pada bagian suspensi depan ataupun pada suspensi bagian belakang nya.

Oleh karna itu dalam kesempatan kali ini kami berbagi tips membenahi beberapa komponen yng ada bagian kaki-kaki atau suspensi yang ada pada mobil daihatsu hijet supaya kembali nyaman seperti pada jamannya.

Bagian suspensi memang merupakan hal yg perlu kita perhatikan juga. Komponen suspensi yang sudah rusak tentu akan membuat mobil kita kurang stabil dan sulit di kendalikan' yang jika di biarkan terlalu lama komponen suspensi bisa terlepas dari dudukan nya yang pastinya dapat membahayakan jiwa sang pengemudi dan penumpang itu sendiri.
Oleh karna itu penting bagi kita untuk memperhatikan komponen suspensi pada mobil baru ataupun mobil lama seperti daihatsu hijet1000

5 komponen suspensi depan daihatsu hijet yang perlu kita perhatikan.

1• Tierot dan longtierod

Yang pertama kami awali dari bagian komponen depan daihatsu hijet1000 yaitu tierod dan long tierod.
Tierod dan longtierod merupakan salahsatu komponen mobil terutama pada mobil daihatsu hijet yang menghubungkan steer ke bagian knuckle roda, kerusakan dari tierod dan longtierod tentu dapat kita rasakan saat mengendarai mobil tersebut , seperti mobil sulit dikendalikan(sempoyongan) dan hilangnya kestabilan . Periksa bagian tierod dan long tierod, jika sudah rusak segera memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru
Baca juaga:
cara melepas atau mengganti tierod end pada mobil

2•BallJoint daihatsu hijet

Pada suspensi depan mobil daihatsu hijet1000 juga terdapat satu buah balljoint dari setiap rosa bagian depannya, ball joint pada sistem suspensi mobil atau pada kaki-kaki kendaraan memiliki pungsi sebagai sumbu roda ketika roda tersebut dibelokan ke bagian kiri atau sebaliknya.

Selain itu ball joint juga berfungsi untuk memegang ke bagian knuckle roda, namun perlu diketahui bahwa balljoint pada mobil daihatsu hijet sedikit berbeda dari jenis mobil keluaran terbaru saat ini, karna balljoint milik daihatsu hijet itu menyatu dengan sayap,jadi jika balljoint sudah rusak tentunya anda tida bisa membeli balljoinnya saja melainkan satu set sayap+balljoint. Contoh gambar balljoint daihatsu hijet bisa anda lihat pada gambar berikut :


Tapi tenang saja, harga balljoint daihatsu hijet masih relatif murah jika dibantingkan dengan harga sparepart mobil lain, karna harga satuan balljoint hijet berkisar 125000-175.000, sangat murah bukan! Jika menurut anda harga segitu masih relatif murah maka lebih baik dengan menggantinya supaya usia pakai sparerat tersebut jauh lebih awet ketibang service.

Untuk mengetahui Tanda atau ciri-ciri kerusakan yang terjadi jika balljoint sudah rusak biasanya terdengar bunyi seperti gludug-gluduk yang terdengar keras dan nyaring saat mobil tersebut melewati jalan kasar atau medan yang bergelombang, karena bisa jadi plastik teflon yang menyelimuti bola ball joint daihatsu hijet tersebut sudah aus yang menjadi tanda bahwa balljoin sudah rusak parah.

Baca juga:
cara membuka balljoint mobil
cara sederhana memperbaiki balljoint dan tierod dengan mudah

3. Klaher roda

Pada setiap jenis kendaraan tentunya memiliki klaher roda terutama pada mobil daihatsu hijet. Kerusakan pada klaher roda depan bisa ditandai adanya suara gemuruh, semakin kencang laju kendaraan tersebut maka suara dengung pun akan semakin terasa. itulah salah satu tanda bahwa bearing(klaher) roda mengalami masalah.
Baca juga:
cara sederhana mengecek kerusakan pada klaher roda mobil

Perlu diketahui bahwa Suara gemuruh bukan hanya dari bagian klaher saja, bahkan permukaan ban yang tidak rata juga dapat menyebabkan adanya suara gemuruh(dengung). Namun suara dengung atau gemuruh yang dihasilkan akibat permukaan ban yang tidak rata bisa saja hilang saat mobil melaju kencang,
penyebab dan cara memperbaiki ban mobil habis sebelah/bergelombang

4.Rem

Rem dan roda
Masalah ke 4 yang sering terjadi pada mobil daihatsu hijet 1000 biasaya terjadi pada bagian rem, biasanya rem yang kurang empuk atau perlu dikocok dua kali atau tiga kali baru rem bisa berpungsi, jika hal itu sudah terjadi pada kendaraan anda tentu sangat membahayakan keselamatan, dan jika sipengendara tidak terbiasa dengan hal seperti ngocok rem tentu bisa nabrak mobil yang ada di depannya. Untuk masalah yang satu ini adalah hal yang perlu diperhatikan dan perlu melakukan servis , kerusakan rem yang membuat harus selalu di kocok biasanya master rem yang kurang normal, bisa juga diakibatkan dari bagian karet seal didalam master rem sudah bocor, ini perlu penanganan yang serius yaitu dengan menggantinya dengan seal karet yang baru, dan ingat beli yang asli biar awet dan bagus, kalau piston master rem yang sudah aus sebaiknya ganti juga dengan yang baru biar pengereman berjalan normal kembali.
Baca juga:
penyebab mobil narik ke satu sisi saat rem diinjak

Masalah lain dari rem biasanya rem membuang kekanan atau kekiri, ini dikarenakan ada salah satu rem yang berfungsi bagus dan ada yang lainnya yang macet pada masing-masing
roda, sebagai contoh apabila kita injak rem terus setir malah belok kiri berarti rem sebelah kiri normal dan sebelah kanan macet, maka perlu dikontrol pada bagian roda kanan apakah ada kebocoran pada sealnya atau pistonnya sudah aus. Setelah penggantian perlu dilakukan setel ulang rem lagi biar keadaan normal, setel juga kampas remnya agar jangan terlalu dekat atau renggang dengan tromol karena bila terlalu dekat biasanya untuk berjalan terasa berat dan akan tercium bau kampas rem, kalau terlalu renggang maka pengereman akan kurang maksimal, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya saja,
Ada satu lagi permasalah rem dan roda pada hijet 1000 yaitu mobil akan terasa bergetar apabila kita rem, ini disebabkan karena tromol bagian dalam kurang rata ausnya atau penjol bagian dalamnya, solusinya tromol harus di bubut ulang atau kalau sudah tipis ganti saja dengan yang baru.
Untuk permasalahan roda yang lainnya yaitu seringnya terjadi

5. Shockbreaker

Shockbreaker merupakan salahsatu komponen yang berpungsi memberikan kenyamanan disetiap ayunan yang dihasilkan, namun bukan tidak mungkin jika keadaan shockbreaker mobil anda sudah mengalami kerusakan.
Periksa juga kondisi shockbreaker apakah masih bagus atau sudah rusak.
Jika shockbreaker rusak tentu kenyamanan pun akan berkurang. Gejala yang timbul jika shockbreaker pada mobil anda sudah rusak. Salahsatunya suspensi terasa sangat lentur bahkan ayunan supensi terasa berayun-ayun saat melewati tanggul atau polisi tidur, bahkan jika kerusakan shockbreaker juga bisa menyebabkan mobil terasa limbung.
Baca juga:
mengsiasati gejala limbung pada mobil avanza/xenia
Nah mungkin itu saja beberapa komponen suspensi atau kaki-kaki pada mobil daihatsu hijet1000 yang perlu kita perhatikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengembalikan kenyamanan suspensi pada mobil daihatsu hijet 1000 yang kerap terjadi"