Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat electric power steering EPS agar tetap awet


Ok juragan. Kali ini kami akan membahas mengenai cara merawat electric power steering (EPS) agar tetap awet.

Pada umumnya  mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sudah banyak yang menggunakan power steering yang digerakkan oleh motor listrik (EPS: Electric Power Steering).


Nah  Untuk mengetahui mobil yang sudah menggunakan EPS bisa anda perhatikan, Cara nya Buka kap mesin, dan lihat apakah ada pompa dan selang power steering di dekat dinding antara kabin dan ruang mesin atau tidak? Jika tidak ada, maka bisa dipastikan mobil anda sudah menggunakan steer EPS

Sebenarnya Perawatan Power Steering jenis Elektrik (EPS) tidak serumit jenis Hidrolik dan Semi Hidrolik karena sebagian besar komponenenya menggunakan sistem elektrik dan dikontrol oleh komputer, sehingga kerusakan yang terjadi lebih mudah terdeteksi melalui indikator yang disampaikan komputer. Namun umumnya kerusakan yang terjadi pada sistem EPS sulit atau tidak dapat diperbaiki, sehingga komponen tersebut harus diganti. Oleh karena itu biasakanlah berkendara dengan wajar dan rawatlah dengan baik.

Sebenarnya Teknologi EpS tersebut bisa dibilang minim perawatan karena semua sudah diatur oleh modul. 

Power steering listrik atau (eps) umumnya bisa cepat rusak yang diakibatkan oleh pengguna nya yang kurang apik dan cenderung sembrono saat mengemudi.



Berikut merupakan cara untuk mencegah EPS rack steer cepat
rusak.

 1).    Kurangi kecepatan saat melalui jalanan rusak.
Apapun jenis Power Steeringnya, menerjang jalanan rusak dengan kecepatan tinggi dapat dengan mudah merusak banyak komponen. Dua diantaranya adalah poros rack steer dan boot rack steer.


2). Karet but stir jangan sampai sobek,  jika kondisinya sudah ada retakan atau sobek sebaiknya melakukan penggantian pada bagian karet but stir. Jika di biarka  maka hal tersebut dapat membuat racks steer cepat rusak  yang diakibatkan  masuk nya air, debu dan kotoran akan masuk ke as  rack setir dan menyebabkan as rack steer berkarat dan Indikasi as setir kotor dan berkarat dapat menyebabkan adanya bunyi saat kemudi diputar , selain itu bisa menyebabkan Setir berat ketika diputar.



2. Hindari mobil anda dari banjir atau genangan air yang dalam. 

Khususnya bagi anda selaku pemilik mobil Honda. Pasalnya, motor listrik pada mobil honda yaitu dibagian luar dipasang langsung pada as setir, sejajar dengan as roda. Jika air sampai merendam, motor listrik bisa rusak. Bila sudah rusak, motor listrik tersebut harus diganti karena tidak bisa diperbaiki. 

Beberapa merek lain seperti toyota meletakkan motor listrik eps tersebut di bagian dalam kabin yang tepatnya di atas pedal gas jadi kemungkinan sangat aman saat melewati genangan air.

3. Usia pakai eps. 
Biasanya EPS sudah mulai bermasalah (timbul bunyi-bunyi) gluduk-gluduk ketika umur mencapai 5 tahun lebih atau telah menempuh jarak 100.000 km. Menjadi lebih pendek ketika kerap digunakan secara tidak wajar. Namun Jika pemiliknya telaten dan tidak pernah terendam air, pemakaian bisa lebih dari 5 tahun. Untuk Pemeliharaan, cukup ganti karet pelindung as setir saja.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan . Semoga bermanfaat

sumber
Editor: evianti

Post a Comment for "Cara Merawat electric power steering EPS agar tetap awet"