Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara memperbaiki dan merawat aki basah yang rusak atau soak

Hallo sobat otomotif. Seteah beberapa hari yang lalu kami telah membahas mengenai cara merawat aki kering, tentunya serasa kurang lengkap jika kami tidak membahas cara merawat dan memperbaiki aki basah pada kendaraan anda,

Banyak yang bilang bahwa aki basah Tidakak seperti aki kering yang bebas akan perawatan, aki basah memang membutuhkan sebuah perawatan yang ekstra rutin guna supaya performa tetap terjaga dan awet. Namun ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tengtang cara merawat aki basah, merawat aki basah memang bukan hanya sekadar mengisi cairan ke dalam tabung aki yang sudah berkurang akibat lamanya usia pemakaian.

Wajib kita ketahui juga bahwa selain memperhatikan pada bagian aki, tentunya perawatan pada bagian sumber arus listrik juga harus kita perhatikan.

Karna Bisa diibaratkan jika keberadaan aki pada mobil rupakan sebuah sumber nyawa. Karna Fungsi aki tersebut berpungsi untuk mensuplay tenaga listrik ketika pertama kali mobil dinyalakan.

Karena itulah pentingnya keberadaan aki pada mobil, maka jika sampai aki tersebut sudah rusak atau soak tentunya hal itu akan menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan.
Jika sudah terjadi begini tentunya kita juga yang repot.

4 Penyebab aki basah soak atau rusak

Yang menjadi sumber penyebab aki basah soak atau rusak ini tentunya dapat disebabkan karena beberapa faktor, yang salahsatunya sebagai berikut:
1.pemakaian arus listrik yang berlebihan.
2. kebocoran arus listrik.
3.sel-sel aki yang sudah tidak baik
4. air aki yang sudah tidak berkualitas dan lainnya.


Jika kondisi ini terus menerus dibiarkan maka tentu saja akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.
Pengisian arus aki tentunya berasal dari alternator mobil. Karena itu, supaya arus listrik tetap terjaga dan aki menjadi lebih awet tahan lama,

Jika arus listrik tidak terjaga, maka tentunya aki akan tekor dan soak. Yang Akibatnya dapat merugikan kita sendiri seperti mobil tiba-tiba mogok saat dikendarai, meski umur aki masih belum sampai pada batas maksimal pemakaian.

4 Cara merawat aki basah pada mobil

Untuk perawaan rutin yang perlu kita lakukan memang tidak sulit, namun, terkadang kita merasa malas melakukan nya, berikut dibawah ini 4 langkah mudah merawat aki basah supaya tetap awet

1. Lakukan pemeriksaan secara rutin

Lakukanlah pemeriksaan secara ritin dan
Periksa pada bagian bodi aki nya apakah sudah ada retakan.
Periksa juga apakah ada karat di bagian terminal,jika ada karat atau kotoran segera bersihkan karat,Karat pada terminal menyebabkan beban tahanan lebih besar. Yang akibatnya tegangan aki akan berkurang. Sebaiknya melindungi terminal aki dengan penutup dari karet.
serta pastikan tidak ada kabel yang mengelupas. Jika ada kabel yang mengelupas maka segera tutup akai solasi.

2. Pastikan air aki sesuai dengan ukuran

Cairan elektrolit atau air aki merupakan bagian penting dari aki. Karna Cairan itulah yang menghantarkan arus listrik. Berkurangnya cairan aki disebabkan oleh penguapan karena hawa panas mesin. Air juga bisa berkurang karena ada kerusakkan.

3. Panasi mesin mobil secara teraturteratur

Jika mobil anda jarang dipakai alangkah baiknya memanasi mesin mobil secara rutin, setidaknya 10 menit. Hal itu bertujuan supaya arus listrik di aki terus terisi oleh alternator, sehingga kondisinya tetap stabil.

4. Matikan semua peranti elektronik sebelum mematikan mobil

Sebaiknya mematikan semua perangkat di mobil yang menggunakan arus listrik. Hal itu dimaksudkan agar saat kembali menghidupkan mobil, arus listrik dari aki terfokus pada starter mesin saja. Walhasil aki akan lebih awet dan performanya terjaga.


Cara memperbaiki aki basah


Sebelum lanjut ke cara memperbaiki aki basah alangkah baiknya anda Mempersiapkan alat yang di perlukan. Setelah semua alat yang dibutuhkan sudah siap, lanjut ke tahap perbaikan.

1. Langkah pertama yang bisa Sahabat lakukan yaitu memulai untuk memperbaiki aki basah dengan melepas aki dari mobilnya.

2. membuka penutup lubang-lubang aki dengan menggunakan tang atau kunci pas agar lebih mudah.

3. buang cairan pada aki yang rusak.

Caranya dengan membalikkan aki. Dan Buanglah cairan tersebut di tempat yang aman sampai benar-benar kering. Dan Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Karna Selain baunya yang menyengat, cabitulah ( ddayaa sangat berbahaya bila terkena tubuh.

4. masukkan air panas melalui lubang-lubang aki.

Pada langkah ke 4 yaitu memasukan air panas pada lobang aki, Setelah itu kocok dan buang kembali. Setelah membersihkannya dengan air panas, kemudian Sahabat bisa gunakan air biasa untuk membilas tempat aki tersebut dengan mengocok isi aki dengan menggunakan air biasa. Lakukan secara berulang supaya elemen aki menjadi bersih.

5. balik aki dan biarkan sampai tidak ada air yang tersisa.

6, isi aki dengan air aki zuur sampai batas maksimal.

setelah semua sisa air habis keluar, isi aki dengan air aki sampai batas maksimal. Kakau bisa ,Gunakan corong kecil saat mengisi air aki supaya tidak tumpah,

7. Mengisi daya aki (cas)

Pada Proses mengisi daya ini membutuhkan waktu yang lumayan lama atau bisa seharian. Gunakan pengisi daya dengan aliran kecil agar lebih stabil dan tahan lama.

Nah mungkitn itu saja yang bisa kami sampai kan mengenai cara merawat dan memperbaiki aki basah yang sudah rusak atau soak tidak bisa di starter. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara memperbaiki dan merawat aki basah yang rusak atau soak"