Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau pada AC mobil anda


Selain kebocoran atau kerusakan pada ac mobil anda , tentunya Salah satu penyakit AC adalah munculnya bau yang tidak sedap. Biasanya, bau tersebut keluar saat pertama kali AC dihidupkan.



Pakar ac mobil menjelaskan, bahwa bau tidak tidaksedap biasanya berasal dari karpet yang kotor / berdebu. Alhasil Debu yang menempel berputar dan bercampur dengan udara di kabin. ”Artinya, sirkulasi udara di kabin sudah kotor. Ol3h karna itu Pemilik mobil harus tau,.

Seperti yang kami lansir dari rotari bintaro bahwa Penyebab dari bau yang tidak sedap pada AC mobil adalah debu dalam kabin dan interior. Adanya debu tersebut yang jarang dibersihkan akan masuk ke dalam ruang system AC pada bagian evaporator yang lama kelamaan akan menumpuk dan berjamur, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi selalu rajin lah membersihkan, dan bila karpet lembab atau kotor keluarkan dulu dan jemur sehingga kering dan bersihkan kembali.

Bersihkan pula evaporator ac dengan menyemprotkan air agar kotoran yang terperangkap dapat larut terbawa air. Kalau Anda tidak bisa membersihkannya sendiri dapat membawanya ke bengkel khusus perawatan AC mobil. Namun apabila bau apek tersebut memang belum hilang dapat membawa mobil Anda ke tempat yang menyediakan udara segar kemudian nyalakan AC sambil membuka jendela dan pintu mobil anda selama kurang lebih 10 menit supaya bau yang tidak sedap tersebut dapat tergantikan dengan udara segar . Dengan sirkulasi udara dari luar ke dalam mobil tersebut, Anda dapat menjaga kesegaran dalam ruangan mobil Anda.

Untuk langkah antisipasi agar tidak muncul kembali bau yang tidak sedap tersebut, maka disarankan jangan membiasakan jendela mobil dibuka ketika AC sedang menyala. Hal Ini dikarenakan debu akan mudah masuk dan mengotori kembali system AC mobil Anda.Selain itu jika makan di dalam mobil harap bersihkan langsung sisa-sisa makanan yang jatuh, untuk menghindari bau tidak sedap muncul kembali.

Baca juga:
penyebab dan cara atasi kerusakan condensor ac(penyebab ac tidak dingin


Kesimpulan:
1. Hindari membuka kaca mobil terlalu sering dan lama  disaat mobil sedang berjalan.
Karna Debu jalanan akan mudah masuk, debu dan kotoran yang masuk tersebut akan terhisap oleh blower AC. Dan Kotoran akan masuk ke sistem sirkulasi, menempel dan menimbulkan bau.

2. Bersihkan karpet mobil sesering mungkin.
Untuk menghindari karpet terlalu kotor atau berdebu, sebaiknya membersihkan bagian bawah alas kaki sebelum mobil dijalankan. 

3. Bersihkan evaporator AC.

4. Jangan merokok di dalam mobil
karena asapnya akan menempel ke semua bagian seperti plafon, jok, dan karpet. Aroma asap rokok sangat sulit dibuang .

5. Lakukan peRawatan pada AC mobil anda minimal enam bulan sekali.

6. Kurangi menyimpan makanan atau makan di dalam kabin.
Karna Baunya akan bercampur dengan udara dikabin dan menempel ketika bersirkulasi. 

7. Pada kondisi mendesak, bisa dihilangkan dengan pewangi mobil, namun tidak sampai 100 persen. 

Nah mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga ac mobil anda terhindar dari bau yang tidak sedap.

Post a Comment for " Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau pada AC mobil anda"