Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

penting- service mesin dan kaki-kaki mobil sebelum berlibur

 selamat datang di sejutamotif


Tidak terasa akhirnya tinggal beberapa hari lagi kita dihadapkan ke bulan desember. Yang dimana Pada bulan tersebut tentunya akan banyak hari libur yang kita hadapi khusus nya natal dan tahun baru,

Apakah anda sudah siap siap untuk menyambut hari libur panjang ini ?

Bagi anda yang ingin bepergian saat hari libur dengan menggunakan mobil pribadi anda,  alangkah baik nya melakukan pengecekan kondisi mobil anda,  apalagi jika mobil anda akan digunakan untuk berlibur ke luar kota dengan jarak tempuh yang jauh.
Untuk itu alangkah baiknya anda memperhatikan segala  kondisi dan fisik pada mobil anda . Sebaiknya terlebih dulu anda meLakukan servis pada kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan saat berlibur, hal ini supaya perjalanan anda menjadi lebih aman dan tenang tanpa ada pikiran was-was dan tidak terganggu dengan kondisi mobil yang kurang prima di saat melewati suasana indah ketika berada di perjalanan nanti.

Sepekan sebelum menjelang hari libur biasanya bengkel sudah dibanjiri order yang hendak melakukan service, jadi usahakan sepekan sebelum menjelang hari libur tiba sebaiknya anda sudah mendapatkan booking service sesuai hari yang anda diinginkan, hal ini bertujuan supaya anda mendapatkan antrian service untuk perawatan.

1. Perawatan tune-up mesin


Hal yang perlu anda lakukan yaitu meLakukan perawatan  mesin atau tune-up, pada dasarnya Untuk standar mobil dalam kondisi normal yaitu melakukan servis tune up saja sudah cukup.
karena merupakan standar yang umum dan mencakup dari beberapa pekerjaan. Di antaranya penyetelan klep, pengecekan sistem pengapian, melakukan pengecekan pada filter udara,
Pengecekan filter bensin dan throttle body, pemeriksaan pada bagian busi dan melakukan penggantian oli mesin dan oli transmisi.

2. Pengecekan dan perbaikan kaki-kaki mobil

Selanjutnya lakukan pengecekan juga pada bagian kaki-kaki mobil,
Kaki kaki mobil juga memiliki peranan penting untuk menjaga ke stabillan dan dan kenyamanan untuk berkendara, 
Komponen kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa komponen yaitu:
Shockbreaker, joint stabillizer, tierod, longtierod, balljoint,bushing arm dll. .
Lihat juga:
vidio 5 kerusakan pada bagian komponen kaki-kaki mobil yang menyebabkan bunyi gluduk-gluduk

Jika salahsatu komponen kaki-kaki sudah mengalami kerusakan, biasanya mobil terasa kurang stabil dan limbung,  bahkan akan terdengar suara bunyi gluduk-gluduk di bagian kolong mobil. 
Jika komponen kaki kaki tersebut sudah rusak, sebaik nya lakukan penggantian pada part yang rusak,

3. Melakukan Spooring dan balancing


Setelah melakukan perawatan atau penggantian kaki-kaki mobil alangkah baiknya melakukan spooring dan balancing, tujuan dari spooring dan balancing ini yaitu untuk meluruskan roda antara bagian depan dengan bagian belakang.
fungsi balancing ini yaitu untuk memastikan apakah tegak lurus ban sudah benar-benar pas pada titik pusat rodanya atau belum.
Lihat juga:
Vidio cara melakukan spooring manual pake benang dijamin ampuh

Untuk keamanan dan kenyamanan saat berkendara,  tentunya melakukan spooring dan balancing ini sangat penting untuk dilakukan setelah penggantian komponen kaki-kaki mobil.

artikel terkait
👉3 Penyebab Kerusakan Power Steering yang wajib anda ketahui
👉Cara memperbaiki dan merawat aki basah yang rusak atau soak
👉ciri-ciri kerusakan pada busi mobil
👉cara menyetel pedal kopling pada mobil
👉cara merawat EPS elektrik power steering
👉penting-cek komponen wiper mobil menjelang musim hujan

Post a Comment for "penting- service mesin dan kaki-kaki mobil sebelum berlibur"