Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab bunyi gluduk di roda depan calya sigra akibat joint stabillizer sudah rusak

Di bagian kaki-kaki roda depan pada mobil toyota calya dan daihatsu sigra terdapat satu buah part joint stabillizer /ling stabil di setiap roda depannya.

Link stabil tersebut terhubung dengan batang stabillizer dan mengikat ke bagian shockbreaker.
Pungsi link stabillizer ini gunanya untuk menyeimbangkan bodi mobil supaya tetap stabil ketika mobil sedang berjalan, berbelok ataupun saat mobil berada pada kecepatan tinggi.

Jika joint stabil sudah bermasalah bisa mengakibatkan mobil terasa kirang stabil, selain itu juga akan terdengar bunyi klutuk-klutuk saat mobil melewati janan keriting.

Untuk melakukan pengecekan pada joint stabil tersebut bisa dikatakan sulit karna posisinya berada di bagian belakang roda, terkecuali kita dongkrak mobilnya dan melepas rodanya, setelah rodanya terlepas maka bisa kita lihat joint stabilnya yang memengang antara shockbreaker dan batang stabillizer.


Caranya cukup dengan menggerakan batang link stabil tersebut. Jika bola-bola joint link stabil sudah lembek atau sudah kocak maka bisa dipastikan komponen tersebut sudah rusak.
Untuk kenyamanan dan keamanan berkendara sebaiknya lakukan penggantian dengan part yang baru dan usahakan yang original supaya part tersebut datap bertahan lama dan awet. Jika sulit untuk mendapatkan link stabil yang ori, bisa juga menggantinya dengan merk 555 karna sudah teruji kekuatannya dan dapat bertahan lama.
Baca juga:
1.toyota calya sigra bunyi gluduk akibat balljoint rusak dan cara cek kerusakannya
2. cara cek dan tanda karet suport sok calya sigra sudah rusak

Post a Comment for " Penyebab bunyi gluduk di roda depan calya sigra akibat joint stabillizer sudah rusak"