Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Dan cara atasi Mesin Motor Cepat Panas


Pada umumnya memang semua jenis mesin akan mengalami panas. Sama halnya pada mesin motor ataupun pada mesin mobil, semuanya pasti secara perlahan akan mengalami mesin panas.

Mesin adalah bagian paling penting pada setiap jenis kendaraan, baik itu motor ataupun mobil.


Pada umumnya panas yang dihasilkan mesin itu akan timbul secara perlahan. Tapi jika mesin motor cepat sekali panas, ini bisa jadi tandanya mesin sudah mengalami masalah (overheart) yang perlu segera melakukan pemeriksaan.

jika hal ini dibiarkan berlarut-larut tentu dapat mengakibatkan motor anda tidak bisa jalan lagi akibat overheart.
Jika suhu pada mesin mengalami panas Yang berlebih biasanya akan mengakibatkan tarikan motor menjadi lemah meskipun gas ditarik sampai habis.

ciri-ciri mesin motor cepat panas (overheart)


1. Munculnya bau hangus pada mesin motor
2. Motor akan kehilangan tenaga

Pada motor keluaran terbaru biasanya sudah terdapat lampu indikator mesin, jadi apabila mesin mengalami masalah seperti panas yang berlebih biasanya lampu indikator secara otomatis akan menyala atau berkedip.

Cara atasi mesin motor cepat panas

Ada beberapa tips untuk mengatasi mesin motor agar tidak cepat panas atau mudah panas, di antaranya sebagai berikut :

Ganti oli mesin secara teratur

lakukanlah penggantian oli mesin secara rutin supaya komponen didalam mesin dapat bekerja dengan baik, karna Pungsi oli ini selain untuk melumasi komponen-komponen mesin, oli juga perfungsi untuk menyerap panas pada mesin .
Mengganti oli secara teratur memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan, hal ini supaya komponen didalam mesin tetap sehat ,

lakukan penggantian oli mesin sebulan sekali atau bisa juga menurut jarak tempuh kendaraan. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat pada buku pentunjuk kendaraan.

Gunakan oli yang tepat

Memilih oli yang tepat dan cocok untuk mesin motor anda, atau jika motor anda yamaha maka pakailah oli resmi yamaha yaitu seperti Yamalube, jika motor anda Honda maka gunakan oli resmi yaitu AHM.


Ganti cairan coolant secara teratur


Hususnya untuk jenis motor yang menggunakan cairan pendingin sebaiknya periksa juga volume Air nya, bisa jadi Air pendingin udara sudah habis, jika air pendingin udara sudah habis segera isi sesuai batasannya, jika cairan berkurang bisa menambahkan cairan pendingin udara tersebut.


Bersihkan radiator secara turin

Selanjutnya rutin lah menguras air radiator pada kendaraan anda, supaya sirkulasi air pendingin terhindar dari penyumbatan. Karna jika terjadi penyumbatan pada sirkulasi air pendinginin maka hal itu bisa menjadi salahsatu penyebab mesin motor cepat panas.

Artikel lainnya tentang motor
- ciri - ciri shockbreaker motor sudak rusak
- Cara mudah membongkar dan membersihkan karburator motor sendiri
- baik buruk nya menggunakan knalpot racing pada motor
- Kenali 3 Kerusakan utama yang Mengakibatkan Motor Anda Mogok

Post a Comment for "Penyebab Dan cara atasi Mesin Motor Cepat Panas "